Sunday, March 22, 2015

BAB V - BERBAGAI LAYANAN DI INTERNET



1. Bagian dari alamat email
   nama-user @ nama_domain
2. Jenis-jenis email
  •  POP Email
POP singkatan dari Post Office Protocol. Jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.
  •  Web-based
Email / email gratisWeb-based Email, atau email berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server.

3. Menggunakan fasilitas email
    Untuk mempermudah hal tersebut, kita bisa menggunakan fasilitas email forwarding (penerusan) yang disediakan oleh gmail. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Login ke akun gmail menggunakan ID dan password yang anda punya
  • Pada dashboard gmail, klik Setelan (setting)
  • Lalu pilih Penerusan dan POP/IMAP (forwarding and POP/IMAP)
  • Klik radio button “Teruskan salinan surat yang masuk ke” dan isi kolom yang tersedia dengan email yang akan digunakan untuk menampung email dan pilih untuk menyimpan, arsipkan atau menghapus email yang masuk ke account gmail yang akan kita forward ini.
  • Setelah selesai, klik tombol “simpan perubahan”.
  • Setelah itu, semua email yang masuk ke gmail account ini secara otomatis akan di-forward atau diteruskan ke alamat email yang telah kita tentukan diatas.
4. Chatting di Yahoo!
Cara Chatting di Yahoo! Messenger (YM)
Chatting di Yahoo! Messenger dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan mode teks, audio, video, juga melakukan konferensi dan bergabung di room. Berikut ini penjelasan beberapa fitur cara chattingnya.


Chatting Via Teks
1.    Untuk memulai pembicaraan dengan seorang rekan, pada jendela utama YM klik dua kali ikon rekan. Pastikan rekan sedang online (ditandai dengan ikon warna kuning).
2.   Muncul kotak pesan dengan nama rekan di bagian atas. Ketikkan pesan Anda, lalu klik Send.
3.   Tunggu yang bersangkutan membalas pesan Anda, selanjutnya Anda dapat membalas kembali sehingga terjadi diskusi via teks.
Anda juga dapat melakukan perbincangan dengan beberapa rekan lain secara bersamaan. Caranya sama. Nantinya, setiap rekan yang Anda ajak berbincang akan ditampilkan pada kotak dialog tersendiri. Anda bisa mengajak rekan A berbincang tentang gosip terbaru, berbincang dengan rekan B tentang pekerjaan, dan berbincang dengan rekan lain dengan topik lain. Masing-masing rekan tidak dapat mengetahui isi pembicaraan Anda dengan rekan lain, karena perbincangan Anda lakukan secara personal dengan setiap rekan.
Chatting via Teks

Anda juga akan menemukan beberapa ikon rekan berwarna abu-abu tersamar. Ini menandakan yang bersangkutan sedang offline atau tidak online. Meskipun demikian, Anda tetap dapat meninggalkan sebuah pesan dengan cara sama seperti saat memulai pembicaraan. Baris pesan yang Anda tinggalkan nantinya akan terbaca oleh rekan saat yang bersangkutan online.

Chatting Via Suara
Jika komputer dilengkapi dengan speaker atau headset, Anda dapat melakukan perbincangan via suara di YM. Ini disebut dengan PC to PC Call. Caranya :
1.    Lakukan Call Setup untuk awal penggunaan fitur ini. Klik Actions > Call Setup
2.   Ikuti tahapan tes suara yang diberikan Yahoo!. 
3.   Jika semua berjalan lancar, maka komputer siap Anda gunakan untuk berbincang.

Yahoo! Call Setup
Untuk memulai perbincangan, klik kanan ikon rekan kontak Anda, lalu pilih Call Computer. Pastikan rekan juga telah mengaktifkan Call Setup. Biasanya rekan yang siap diajak berbincang via suara memiliki ikon berheadphone. Terdengar nada dering yang menandakan YM memberitahu rekan jika Anda mengajak yang bersangkutan berbicara via YM. Jika ajakan Anda diterima, maka pembicaraan dapat Anda lakukan sebagaimana layaknya Anda berbincang di telepon.

Chatting Disertai Video
Selain menggunakan teks dan suara, Anda juga dapat menampilkan gambar video kontak Anda atau juga gambar video wajah Anda untuk dilihat rekan. Syaratnya, Anda atau rekan harus mengaktifkan fitur webcam dan tentunya di komputer sudah terpasang webcam. Anda dapat mengetahui seorang rekan dapat dilihat gambar videonya jika pada ikonnya tertampil gambar layar. Demikian juga, jika Anda mengaktifkan webcam, maka rekan Anda dapat melihat gambar video Anda. Tentunya penyajian video harus melalui prosedur ijin.
1.    Untuk melihat video wajah rekan, klik kanan ikon rekan. Pilih More Actions > View Webcam. Tunggu rekan memberi ijin hingga video wajahnya tampil di layar.
2.   Anda juga dapat mengundang rekan lain, termasuk yang tidak memiliki webam, untuk melihat wajah Anda. Klik kanan ikon rekan yang Anda undang, lalu pilih More Actions > Invite to View My Webcam.

Melakukan Conference
Selain melakukan perbincangan secara personal dengan rekan Anda, baik via teks, suara, atau video, Anda juga dapat melakukan perbicangan secara massal alias konferensi dengan beberapa rekan sekaligus. Ini disebut dengan Conference.
1.    Caranya, klik kanan salah satu ikon rekan lalu pilih More Actions > Invite to a Conference
2.   Klik ikon rekan-rekan lain yang ingin Anda undang untuk bergabung. 
3.   Klik Add untuk menambahkan rekan ke daftar undangan. 
4.   Klik Invite untuk mengundang semua yang terpilih dan memulai sesinya.
Muncul jendela Conference
5.   Jika rekan berkenan bergabung, maka dia akan menerima undangan Anda dan ikonnya akan tampil di daftar peserta Conference. 
Kini diskusi dapat dilakukan. Isi pembicaraan akan ditampilkan pada jendela Conference dan dapat dibaca seluruh peserta.

Bergabung ke Room
Jika Anda terbiasa chatting dengan program semacam mIRC, di sana Anda dapat berkenalan dan berbincang dengan orang yang baru Anda kenal. Anda tinggal masuk ke Channel dan melakukan perbincangan, baik secara massal maupun secara personal. Di YM hal ini juga dimungkinkan. Gunakan fitur Room.
1.    Caranya klik menu Messenger > Yahoo! Chat > Join a Room.
2.   Pada daftar Room yang ditampilkan, pilih jenis Room dan klik dua kali salah satu Room yang Anda minati. 
3.   Pada jendela baru Anda diminta memasukkan teks verifikasi. Setelah mengetikkan teks verifikasi, Anda pun tergabung dan dapat berbincang dengan para pengguna Room.

5. Chatting di IRC
Cara Chating di MIRC
LaNGkah Pertama Buka Jendela MIRC Terus ketik Command Di bawah ini :

Koneksi Ke Salah Satu Server IRC
  • /server irc.telkom.net.id
  • /server irc.plasa.com
  • /server irc.citra.net.id
  • /server irc.power.net.id
  • /server irc.big.net.id
Pilih salah satu Server di atas trus Tekan Enter

JEndeLa Proses JIka Terjadi KOneksi

Jendela Cara JOin Ke Cannel Di MIRC
Tekan Enter dan Selamat Menikmati BerChating Ria Di Channel #Allnitecafe Cannel Kebanggaan allnetwork

6. E-commerce
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

7. Mailing List
Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri.

8. Newsgroup
Newsgroup adalah kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi warta.
Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.
Sebagai contoh adalah: rec (rekreasi), soc (masyarakat), sci (sains), alt (alternatif), comp (komputer) dan lain-lain. Untuk menggunakan Newsgroup diperlukan aplikasi bernama news reader dan sambungan internet ke peladen warta (news server) terdekat.

9. Telnet
Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

10. Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Fitur
Protokol ini menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal komputer, yang masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Revisi gopher yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Dengan struktur hierarki, Gopher memberikan platform berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama. Pengguna Gopher ingat bahwa sistem "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir" dari layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan.

11. FTP
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

12. Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

No comments:

Post a Comment